Senin, 05 Desember 2011

Inilah Makanan Sehat untuk Jantung Anda


​Badan Kesehatan PBB, World Health Organization (WHO) menegaskan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas berhubungan dengan masalah kardiovaskular, terutama penyakit jantung dan stroke.

Semakin gendut seseorang, maka semakin berisiko mengalami penyakit jantung. Hal ini disebabkan tingginya level triglyceride, kolesterol jahat dan rendahnya kolesterol baik.

Menurunkan berat badan (5-10 persen) menjadi satu cara untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Memilih makanan yang lebih sehat dan meningkatkan kebiasaan berolahraga menjadi cara termudah untuk memperoleh berat badan ideal.

Berikut ini beberapa makanan yang harus dimakan dan wajib dihindari demi jantung Anda tetap sehat, seperti yang dilansir melalui Times of India.

Dos
Buah dan Sayuran - Kedua makanan ini merupakan sumber serat yang baik yang dapat mendapatkan rasa kenyang dan puas, serta menurunkan level kolesterol. Pilihlah buah dan sayuran yang berwarna terang, seperti wortel, tomat, bayam, berry, jeruk, pepaya dan sebagainya, disebabkan buah dan sayur ini kaya akan antioksidan.

Whole Grain - Termasuk gandum dan makanan dari biji-bijian seperti roti gandum, pasta, beras merah, oats, ragi.

Kacang-kacangan - Seperti kecambah, kacang merah dan buncis yang merupakan sumber serat yang mudah larut yang membantu mengurangi kolesterol.

Produk Rendah Lemak - Susu rendah lemak, yogurt, dan keju merupakan pilihan yang tepat karena makanan tersebut merupakan sumber kalsium dan juga membantu mengurangi lemak tubuh.

Ikan - Terutama salmon dan tuna yang mengandung omega-3 fatty acid yang membantu menaikkan kolesterol HDL.

Kacang kedelai - Kacang kedelai mengandung isoflavon yang membantu mencegah penyumbatan di arteri akibat penumpukan kolesterol.

Teh - Teh, khususnya teh hijau menolong menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol baik.

Olahraga - Melakukan olahraga minimal 30-40 menit setiap hari, seperti berjalan cepat, jogging, berenang dan bersepeda ternyata membantu pengeluaran energi dan menurunkan berat badan.

Don'ts
Asam Lemak Tak Jenuh - Biasanya dijumpai dalam produk full cream, seperti susu, keju, yogurt, krim, mentega dan kelapa yang bisa menyebabkan naiknya level kolesterol jahat.

Makanan Kemasan - Jauhi biskuit, kue kering, dan cake yang mengandung level asam lemak tak jenuh dan lemak trans yang ternyata memiliki kandungan sodium tinggi.

Daging Berlemak - Hindari pula asupan daging berlemak seperti daging kambing dan daging sapi, sebagai gantinya, Anda bisa memilih ayam tanpa kulit atau ikan.

Makanan yang Digoreng - Junkfood, seperti pizza, burger, kentang goreng, dan gorengan karena makanan ini mengandung lemak trans yang menjadi penyebab risiko arthrosclerosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar