Senin, 05 Desember 2011

Habis Makan 'Ngantuk'? Atasi dengan Telur


​Jam-jam setelah makan siang, biasanya menjadi jam rawan bagi pekerja kantoran, karena di waktu itulah rasa kantuk datang. Meskipun malamnya kita sudah tidur cukup, tetap saja mata terasa sangat berat dan berulang kali menguap.

Bila Anda merasa mengantuk di kantor dan harus segera rapat, jangan pernah mengatasinya dengan 'ngemil'. Ada baiknya kini Anda mencoba makan sebutir telur. Tak percaya?

Peneliti Cambridge University mengungkapkan bahwa protein dalam telur, terutama putih telur, mempengaruhi sel-sel di otak yang memicu kinerja stimulan orexin, membuat Anda tetap 'melek' dan membakar kalori.

Telur juga diyakini lebih efektif dibandingkan dengan level karbohidrat yang terdapat di dalam coklat, biskuit atau cemilan manis lainnya yang biasanya menjadi pendorong energi yang cepat.

"Peneliti menyarankan, bila Anda harus memilih antara roti bakar dan selai atau roti bakar plus putih telur, maka pilihlah pilihan terakhir. Meskipun keduanya memiliki kandungan kalori yang sama, makanan yang sedikit protein akan memerintahkan tubuh untuk membakar kalori lebih dari yang dikonsumsi," ungkap peneliti, Dr Denis Burdakov.

Tak hanya itu, peneliti dari British Nutrition Foundation juga menyimpulkan bahwa jenis kolesterol yang terdapat dalam telur turut meminimalkan efek peningkatan risiko penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar