Senin, 05 Desember 2011

Cegah Flu dan Batuk Tanpa Obat


Ghiboo.com - ​Musim hujan sudah menampakkan kemunculannya. Cuaca mendung, angin kencang serta hujan lebat dapat menimbulkan berbagai penyakit, terutama flu dan batuk.

Banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi multivitamin demi menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Namun, sebenarnya Anda tak perlu repot-repot karena ada cara pencegahan yang lebih mudah dan tentunya tanpa pengonsumsian obat, seperti yang dilansir melalui rd.com.

Ikuti Gaya Orang Prancis
Bila saat bertemu dengan relasi bisnis atau teman yang sudah lama tak jumpa, Anda pasti akan bersalaman. Tanpa disadari berjabat tangan merupakan salah satu cara berpindahnya kuman dan virus penyebab flu dan batuk.

Para ilmuwan di London School of Hygiene merekomendasikan Anda untuk mengikuti cara salam orang Perancis, dengan kecupan di pipi bukan jabat tangan. Atau Anda bisa berimprovisasi, sesuai dengan situasi. Pada saat seseorang mendekati Anda dengan telapak terentang, mencoba sebuah 'cipika-cipiki' atau pelukan sebagai gantinya.

Kegunaan Lain Microwave
Spons pencuci piring atau lap dapur merupakan sarang kuman. Sering kali kita tak menyadari kalau kuman dan virus pindah ke piring Anda. Untuk mengatasinya masukkan spons dan lap dapur ke dalam microwave dengan kekuatan penuh selama dua menit setiap hari. Cara ini ampuh membunuh 99 persen mikro-organisme. Namun berhati-hati, masukkan spons dan kain lap dalam keadaan basah demi mengurangi risiko kebakaran.

Berjalan Cepat
Sebuah penelitian menunjukkan wanita pasca menopause yang rutin melakukan olahraga, khususnya berjalan cepat selama 45 menit, lima kali dalam seminggu mampu menurunkan risiko flu dan batuk hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan wanita yang tak pernah berolahraga.

Bersih-Bersih
Tanpa disadari gagang pintu, keran air, remote TV dan AC, pintu kulkas, telepon, keybord komputer, sakelar lampu menjadi spot yang sering kita sentuh saat di rumah. Bagian-bagian tersebut juga merupakan repositori bagi kuman dan virus. Apalagi biasanya bagian-bagian tersebut jarang dibersihkan. Ada baiknya mulai kini selalu membersihkannya demi meminimalkan perpindahan virus dan kuman di rumah.

Tidur, Makan dan Olahraga yang Cukup
Makanan sehat -terutama sayuran dan buah-, olahraga dan tidur 7 jam setiap malam dapat membantu tubuh lebih fit untuk melawan kuman.

Lawan dengan Bawang Putih
Penelitian yang melibatkan 146 relawan di Garlic Centre, Sussex Timur, melakukan penelitian dengan memberikan setengah relawan suplemen bawang putih setiap hari dan setengah relawan lainnya diberi plasebo.

Selama 90 hari selama musim dingin, relawan yang mengonsumsi suplemen bawang putih hanya memiliki 24 total pilek, dibandingkan dengan 65 di antara mereka yang diberi plasebo. Orang yang mengonsumsi suplemen bawang putih juga memiliki pilek dengan durasi dan gejala yang lebih singkat, serta risiko yang lebih rendah dari reinfeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar