Kamis, 08 Desember 2011

Cara Mengecilkan Perut Berdasarkan Tipe Perut

Sudah bukan rahasia lagi kalau setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Proporsi antara tinggi badan dan berat badan seimbang. Tapi ngomong-ngomong, tubuh ideal itu yang seperti apa sih? Untuk hal ini, tentunya tiap orang punya ukuran sendiri-sendiri dalam menentukannya. Tapi, apa salahnya kita mencoba menggunakan rumus yang biasa digunakan para ahli kesehatan dalam menghitung berat badan maksimum yang ideal. Rumusnya adalah {(tinggi badan)-100}x90%.


Sebagai misal tinggi badan anda 165 cm dan berat badan 60 kg, maka hitungannya adalah sebagai berikut.

(165-100) X 90% = 58.5

Berdasarkan rumus tersebut, dapat dikatakan berat badan anda sedikit berlebih, yaitu kelebihan 1.5 kg dari standar berat badan ideal 58.5 Kg.

Metode untuk mengecilkan perut dengan efektif sering dicoba dari diet ekstrim hingga olahraga. Namun, hasil dari mengecilkan perut tak sesuai dengan keinginan. Nah dalam post kali ini ada baiknya kita mengenali tipe perut yang Anda miliki sebelum melangkah ke dalam proses cara mengecilkan perut. Ada beberapa jenis perut dancara efektif menghilangkan lemak dibawah ini:



1. The Spare Tyre Tummy

Orang dengan perut seperti ini tidak banyak bergerak dalam aktivitas sehari-hari. Aktivitas mereka biasanya hanya berada di depan meja komputer sepanjang hari. Mereka juga memiliki keterikatan emosional dengan makanan manis seperti biskuit, roti, cokelat, dan karbohidrat lainnya.

Cara mengatasi: kurangi minuman beralkohol yang mengandung gula murni karena akan langsung menuju daerah pinggang. Gula murni juga menghentikan prosespembakaran makanan Anda.Setelah itu perbaiki asupan makanan. Hindari makanan diet atau rendah lemak karena biasanya makanan tersebut mengandung bahan pengawet, garam dan bahan kimia yang tinggi.

2. The Stress Tummy

Tipe perut ini dimiliki pemilik karir sukses dan berkepribadian perfeksionis. Mereka biasanya rentan terhadap kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus yang dapat menyebabkan kembung dan membuat perut mereka lebih besar.

Perut jenis ini lebih mudah dikenali karena berat perut terpusat pada bagian depan perut dan daerah pusar. Ketika stres, orang tersebut akan lebih banyak memproduksi kortisol, suatu hormon yang mendorong tubuh yang mengikat lemak di sekitar perut.

Cara mengatasi: Tidur lebih cepat adalah cara ampuh untuk menghilangkan stres karena ketika stres, orang akan sulit untuk tidur dan makan lebih banyak.

Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi leptin yang mengatur nafsu makan dan metabolisme. Lakukan meditasi, atau mandi lebih lama sebelum tidur dapat mendorong tidur nyenyak. Batasi konsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir sehari. Lakukan yoga dan berjalan kaki untuk menyusutkan perut Anda. Jangan lakukan olahraga kardio yang berlebihan.

3. The Little Pooch

Perut ini dimiliki oleh wanita sibuk. Mereka termasuk pecandu olahraga, tetapi terjebak dalam latihan dan rutinitas yang sama di gym sehingga perut atas langsing sedangkan perut bawah tidak.

Hal ini disebabkan terlalu sering melakukan sit up berlebihan dan menggunakan alat-alat olahraga yang menempatkan beban pada pinggul dan punggung bawah sehingga otot-otot perut menonjol.

Cara mengatasi: Konsumsilah makanan dengan nutrisi yang baik dan mengandung banyak serat untuk memperbaiki pencernaan yang sering radang, kembung, dan sembelit.

4. The Mummy Tummy

Perut ini dimiliki oleh wanita yang telah melahirkan dan memiliki waktu yang sedikit untuk diri mereka sendiri. Biasanya, setelah melahirkan, rahim akan turun dan jauh lebih berat dari sebelum kehamilan.

Perut akan kembali rata setelah enam minggu setelah melahirkan. Namun, Anda tetap perlu melatih otot-otot panggul dan perut untuk meningkatkan aliran darah dan memperkuat otot yang longgar karena hamil.

Cara mengatasi: Konsumsilah suplemen minyak ikan untuk mengaktifkan hormon pembakaran lemak. Konsumsi juga lemak baik seperti kacang-kacangan, minyak dan buah zaitun setiap hari untuk membantu pembakaran lemak, menyerap vitamin, dan mencegah kelelahan.

Pijat otot-otot panggul sebanyak 15 hingga 20 kali dalam lima
sesi per hari. Jangan lakukan sit up karena setelah melahirkan, otot akan terpisah ke garis tengah perut. Sit up hanya akan memaksa otot-otot ini terpisah lebih jauh. Sebaiknya, lakukan pernapasan dalam-dalam dengan posisi merangkak.

5. The Bloated Tummy

Tipe perut ini rata di pagi hari, tetapi membengkak sepanjang hari dilengkapi dengan banyaknya gas dan gangguan pencernaan. Kembung dapat memengaruhi baik wanita ramping ataupun kelebihan berat badan.

Cara mengatasi: Ada beberapa jenis makanan yang menimbulkan alergi pencernaan seperti gandum, roti, pasta, pizza, sereal, alkohol, ragi, susu olahan seperti keju dan mentega. Hindari makanan-makanan tersebut, konsumsilah daging, ikan, sayuran segar, dan ayam.

setelah mengetahui tipe perut yang anda miliki, semoga bisa lebih fokus untuk proses selanjutnya, nah selamat mencoba,,, semoga berhasil!!!

^_^



Sumber: www.ethieka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar