Selasa, 29 November 2011

Asupan Protein Bantu Kurangi Mengemil

Takaran protein sesuai akan mengatasi kebiasaan mengemil.

VIVAnews - Sekelompok ilmuwan menemukan formula untuk membantu mereka yang sedang berdiet agar tak selalu merasa kelaparan. Riset yang dipimpin Alison Grosby, menyimpulkan bahwa orang yang sering merasa lapar kekurangan protein dalam diet mereka.

Asupan yang mengandung protein tinggi seperti daging, ikan, telur dan kacang kacangan dapat mengendalikan berat badan. Mereka juga lebih mudah mengatasi kebiasaan ngemil.

Para peneliti dari Universitas Cambridge dan Universitas Sydney meneliti 22 relawan yang memiliki berat badan normal. Mereka ditawarkan makan produk yang terlihat sama, namun memiliki tingkat protein berbeda. Secara khusus, para relawan diberi muffin untuk sarapan, tuna panggang dengan salad untuk makan siang, dan pasta atau spaghetti dengan makan penutup untuk makan malam.

Di akhir studi, peneliti menyimpulkan orang berdiet dengan 10 persen protein mengonsumsi 260 kalori lebih banyak daripada mereka yang makan 15 persen protein dalam menu harian. Jadi, orang yang kekurangan protein tidak saja makan lebih banyak, mereka juga memperoleh 70 persen kalori tambahan lewat mengemil.

Namun, menurut studi, meningkatkan asupan protein hingga 25 persen sehari tidak membantu mengatasi makan berlebihan.

Di saat yang sama, peneliti mengkonfirmasi bahwa orang yang mengonsumsi protein cukup saat makan takkan merasa lapar berlebihan dua jam setelah makan. (eh)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar